ABSTRAK
. Penerapan Pendekatan
Belajar Aktif (Active Learning Strategy)
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri.
Skripsi, Jurusan: Pendidikan Agama
Islam, Fakultas: Tarbiyah Universitas hasan peace. Dosen Pembimbing: Sugeng
Listyo Prabowo, M. Pd.
Kata-kata kunci: Strategi (Strategy), Belajar Aktif (Active Learning), dan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Sebagaimana kita ketahui
bahwa perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin
pesat pada zaman sekarang, secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia
pendidikan akan mendapat pengaruh dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
tersebut. Pengaruh tersebut bisa bersifat positif maupun negatif. Sedangkan
dalam lembaga keagamaan sendiri masih berupaya mencari format yang sesuai
dengan tuntutan masyarakat. Untuk itu pemerintah berusaha mengembangkan dan
memajukan pendidikan, lebih-lebih untuk pendidikan agama.
Dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang
dihadapi adalah bagaimana pendidik (guru agama) tersebut dapat melaksanakan
tugasnya dengan baik, sebab akhir-akhir ini banyak peserta didik yang masih
kurang dalam memahami ajaran agama Islam. Apakah hal ini disebabkan siswa yang
masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara guru dalam
mengajar monoton, sehingga menyebabkan siswa menjadi apatis. Oleh karena itu, untuk menghindari apatisme dan kepatuhan yang terpaksa dari siswa, guru hendaklah
lebih cermat dalam memilih dan menggunakan metode mengajar terutama yang melibatkan
siswa secara aktif. Untuk sementara itu diketahui bahwa pendekatan belajar
aktif (active learning strategy)
adalah sebagai alternatif untuk menjawab tantangan dari permasalahan
tersebut. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan
penelitian mengenai: Penerapan pendekatan belajar aktif (active learning
strategy) dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam
penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pendekatan belajar aktif (active
learning sytrategy) dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri dan apa
faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan pendekatan belajar aktif (active
learning strategy) dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar
memiliki gambaran umum tentang penerapan pendekatan belajar aktif (active
learning strategy) dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri, dan
mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan pendekatan belajar
aktif (actuve learning strategy)
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3
Plosoklaten Kediri.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara / interview, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data
digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada
gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dalam proses pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri sudah berjalan dengan
baik, walaupun ada kekurangan-kekurangan. Hal tersebut terlihat pada saat
proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antara lain siswa aktif
bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, aktif mengerjakan tugas-tugas
yang diberikan oleh guru, dan lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan
oleh guru. Diantara metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri yang mengarah kepada pendekatan
belajar aktif (active learning strategy)
adalah metode resitasi, diskusi, problem
solving, jigsaw, studi kasus
bikinan siswa, drill/latihan, tanya jawab, bermain peran dan demonstrasi.
Adapun yang menjadi faktor pendukung dari
penerapan pendekatan belajar aktif (aktif
learning strategy) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri
3 Plosoklaten Kediri adalah adanya minat belajar siswa yang tinggi, adanya
profesionalisme dan semangat yang tinggi dari guru agama dalam mengajar dan
membimbing anak didiknya, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai
untuk mempelajari dan mempraktekkan apa yang terdapat dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam
penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan untuk menyampaikan
pendapatnya, dan latar belakang siswa yang berbeda. Faktor penghambat tersebut
menjadi penghambat dan menjadi kendala dalam menerapkan pendekatan belajar
aktif (active learning strategy)
pada pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam di
sekolah.
Dari kesimpulan tersebut untuk membantu dan
mengantisipasi faktor-faktor penghambat tersebut, maka guru pendidikan agama
Islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri melaksanakan berbagai upaya, agar
dalam penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dapat sepenuhnya diterapkan
dengan menggunakan metode yang bervariasi, menciptakan interaksi dengan cara
bekerjasama dengan para orang tua siswa dalam meningkatkan motivasi dan
dorongan pada siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menumbuhkan
dan mengembangkan keaktifan siswa, serta menambah jam pelajaran diluar jam
pelajaran yang ada. Sehingga siswa dapat menerima pelajaran yang baru yang
mungkin tidak didapatkannya pada jam-jam pelajaran yang ada tersebut. Jadi
disini penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dapat diterapkan betul-betul
dan merupakan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang bisa mencapai
hasil yang maksimal.
DIATAS HANYALAH ABSTRAK UNTUK PERMINTAAN FILE LENGKAPNYA BISA IMEL KAMI DI Alkhos.hasan77@gmail .com
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer