ABSTRAK
Peranan
Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Metode Inkuiri
pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas dan
Pemahaman Siswa SMP AL-FALAH KADUR, skripsi.
Jurusan: Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nurul
Jadid, dosen pembimbing: Dr. K.H. Muhlisin Sa'ad MA. dan Bapak Hefniy Razaq
M.Pd.
Kata Kunci:
Pendekatan Kontekstual, Inkuiri, PAI, Kreativitas, Pemahaman
Pendidikan Agama Islam di sekolah telah mengalami
kegagalan. Pendekatan dan metode belajar yang digunakan tampak masih “klasik”,
dalam arti masih mewariskan sejumlah materi pelajaran agama yang diyakini benar
untuk disampaikan kepada anak didik tanpa memberikan kesempatan kepada mereka
agar disikapi secara kritis. Metode yang digunakan masih bercorak menghafal,
mekanis, dan lebih mengutamakan pengkayaan materi. Peserta didik kurang diberi
kesempatan untuk memberikan alternatif jawaban-jawaban tertentu yang dapat
menumbuhkembangkan kreativitasnya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan
merubah pendekatan dan metode dalam kegiatan belajar mengajar yang ada selama
ini, dimana guru selalu diposisikan sebagai satu-satunya sumber meraih
informasi (teacher centered) dan siswa bersikap pasif dalam mencari dan
mengolah informasi tersebut, dengan membiasakan siswa secara kreatif (student
centered) menkonstruksi sendiri pemahamannya melalui kegiatan belajar
mereka. Dan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri merupakan salah satu
alternatif untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan metode ini
diharapkan membantu melatih siswa untuk lebih peka pada dirinya dan
lingkungannya, serta secara kreatif dapat menkonstruksi pemahamannya dengan
lebih baik sehingga materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dengan mudah
diinternalisasikan dan dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara
umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, apakah penerapan
pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri pada bidang studi PAI dapat
meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa SMP Al-Falah Kadur? Bagaimana pola penerapan pendekatan kontekstual dengan
metode inkuiri pada bidang studi PAI yang dapat meningkatkan kreativitas dan
pemahaman siswa SMP Al-Falah Kadur
.
|
.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan
beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru PAI, agar
dalam penerapan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri benar-benar
efektif, guru harus secara konsisten menerapkan metode inkuiri, menggunakan
media belajar, berusaha untuk mengubah kebiasaan belajar siswa dengan memberi
pengertian tentang metode inkuiri, memodifikasi kegiatan belajar dengan antara
lain dengan cara mengorganisir siswa
untuk melakukan inkuiri secara kelompok, memberikan variasi berupa simulasi,
stimulus berupa hadiah (reward), dan pemberian motivasi.
Diatas hanyalah
abstrak untuk data skripsi lengkapnya anda bisa menghubungi e-mail
kami(alkhos.hasan77@@gmail.com) gratis nanti kami akan kirim ke emailmu sekian
terimakasih
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer