ABSTRAK
Upaya
Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di ...
Skripsi.
Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah. Dosen Pembimbing: Drs.
Bashori
Kata
Kunci:Profesionalisme, Guru, Proses Belajar Mengajar
Dalam era pembangunan dan negara yang sedang berkembang
seperti indonesia ini, guru mempunyai
peranan penting dalam mengabdi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa
termasuk bimbingan pada generasi mendatang, maju mundurnya suatu bangsa
ditentukan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu seorang guru mempunyai
kewajiban secara langsung untuk mengawasi dan membantu proises belajar pada
peserta didik dan anak didik.
Diakui atau tidak, guru akan selalu menjadi unsur penting
yang menentukan berhasil atau tidaknya sutu pendidikan. Oleh karena itu maka
guru selalu berperan dalam pembentukan sumberdaya manusia yang pontensial
dibidang pembangunan bangsa dan negara. Guru adalah orang kedua setelah orang
tua yang selalu mendidik dan memgawasi anak, untuk menuju cita-cita dan tujan
hidupnya. Oleh karena seorang guru harus memiliki dedikasi yang sangat tinggi
dan profesi yang dipilihnya itu bukan pekerjaan sampingan, sebab diakui atau
tidak gurulah yang menentukan keberhasilan anak.
Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran
yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah sebagai berikut Bagaimana
profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di MTsN Malang I,Bagaimana
upaya peningkatan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di MTsN
Malang 1, Faktor apa yang mempengaruhi upaya peningkatan profesionalisme guru
dalam proses belajar mengajar di MTsN Malang I
Dari perumusan masalah tersebut maka penelitian ini
bertujuan mendiskripsikan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di
MTsN Malang I, mendiskripskan upaya peningkatan profesionalisme guru dalam
proses belajar mengajar di MTsN Malang I, mendiskripsikan faktor yang
mempengaruhi upaya peningkatan profesionalisme guru dalam proses belajar
mengajar di MTsN Malang I.
Penelitian dilakukan
di MTs N Malang I. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi,
dokumentasi, dan interview. Kemudian
data yang telah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengn tekinik analisis
deskriptif kualitatif.
Dari hasil pembahasan dan penelitian didapat kesimpulan
sebagai berikut, profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar sudah cukup
baik, terbukti dengan kemampuan guru membuat satpel, selalu membuat persiapan
mengajar dengan baik, menggunakan alat peraga dengan baik, dan selalu
mengadakan evaluasi.
Upaya peningkatan profesionalisme yang dilakukan oleh
kepala sekolah adalah penataran, pengawasan kedisiplinan dan rapat.Sedangkan
upaya yang dilakukan oleh guru adalah melanjutkan jenjang pendidikan, membaca
sendiri, dan musyawarah.
Faktor yang
mempengaruhi upaya peningkatan profesionalisme adalah latar belakang
pendidikan, kesesuaian pendidikan, dan pengalaman mengajar.
Diatas hanyalah abstrak untuk data skripsi lengkapnya anda
bisa menghubungi e-mail kami(alkhos.hasan77@@gmail.com) gratis nanti kami akan
kirim ke emailnyajenengan
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer