ABSTRAK
Daya Serap Siswa terhadap
Pencapaian Tujuan Taksonomi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2
Karangbinangun, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas
Islam Negeri (UIN) Malang. Hj.Rahmawati Baharuddin, M.A
Pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan
rohani setiap siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini akan berpengaruh
terhadap daya serap siswa dalam memperoleh materi atau menyerap materi
pendidikan agama Islam. Dalam konteks taksonomi pembelajaran hal ini juga
berpengaruh.
Dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimanakah
pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam mencapai tujuan taksonomi pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun (2) Bagaimanakah daya serap
siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam
di SMPN 2 Karangbinangun (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam
mencapai tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam SMPN 2
Karangbinangun.
Adapun
tujuan yang hendak dicapai dari permasalahan adalah (1) Untuk mengetahui
pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam mencapai tujuan taksonomi pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun (2) Untuk memahami daya serap
siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam
di SMPN 2 Karangbinangun (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2
Karangbinangun.
Jenis
penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif yang bersifat
korelatif sedangkan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa
metode antara lain: metode dokumentasi, interview, observasi dengan jumlah
sample 25 siswa dari populasi 107 populasi yang ada. Adapun sampel tersebut
diperoleh melalui teknik “random sampling”. Pengumpulan datanya dilakukan
dengan metode angket dan tes formatif, Mengenai dua variabel yang sedang
diteliti maka dilakukan perhitungan untuk memperoleh angka indeks korelasi yang
menunjukkan ada tidaknya hubungan antara daya serap terhadap pencapaian
taksonomi. Sesuai dengan jenis datanya maka tehnik yang tepat untuk
menganalisis data adalah tehnik product moment.
Dari hasil penelitian ini, pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMPN 02
Karangbinangun adalah (1) Mengadakan pengajian pada hari-hari besar Islam
(PHBI), (2) Mengadakan les baca tulis
al-Qur’an, (3) Mewajibkan sholat Dzuhur berjama’ah (4) Mengadakan pondok Romadhon
1 tahun sekali (5) Mengadakan infaq 1 minggu sekali pada hari Jum’at. Dalam
hasil penelitian bahwasanya hubungan antara daya serap siswa dengan taksonomi
pembelajaran adanya hubungan yang sangat kuat. Karena rxy lebih
besar dari pada r table, baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1 %. Dengan ini maka hipotesa nol
ditolak, yang berarti terdapat korelasi yang positif. Dan kesimpulan yang dapat
ditarik ialah hubungan tinggi rendahnya tujuan taksonomi pembelajaran dipengaruhui
oleh tinggi rendahnya daya serap siswa. Adapun faktor pendukung daya serap
siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran PAI di SMPN 2
Karangbinangun yakni (1) Kecerdasan, (2) Lingkungan yang islami, (3) Guru yang
profisional, (4) Dukungan pemerintah setempat (5) Sumber guru, staf pengajar
yang energik, (6) Letak Geografis. Dan faktor penghambat daya serap siswa
terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMPN 2 Karangbinangun yakni: (1) Pendidikan orang tua rendah, (2) Biaya yang
cukup tinggi, (3) Banyaknya wali murid yang tidak bisa mengawasi anaknya, (4)
Sarana prasarana yang terbatas, (5) Siswa yang tidak percaya diri.
Saran yang
dianjurkan pada daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi
pembelajaran pendidikan agama Islam
(1)Untuk meningkatkan daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan
taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam, maka dari itu kepada lembaga
sekolah, perlu adanya pengembangan sistem belajar yang berorientas pada
kepentingan murid (2)Untuk para guru pendidikan agama Islam lebih meningkatkan
dan lebih memantapkan motivasi kepada siswanya bagi daya serapnya dan taksonomi
pembelajaran mencapai kategori baik tetap di pertahankan, dan untuk kepada
siswa yang daya serap dan taksonomi pembelajaran yang tergolong kurang baik,
tidak baik. Tugas guru pendidikan agama Islam lebih meningkatkan dan lebih
memantapkan motivasi kepada para siswanya agar lebih tekun belajar pendidikan
agama Islam dengan cara metode yang dipandang lebih sesuai serta mudah difahami
oleh siswa
Kata kunci: Daya serap,
Taksonomi Pembelajaran
Diatas hanyalah abstrak untuk data skripsi lengkapnya anda
bisa menghubungi e-mail kami(alkhos.hasan77@@gmail.com) gratis nanti kami akan
kirim ke emailnyajenengan
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer