Pendidikan Agama dalam Al-Qur'an Surat Lukman Ayat 12-19Menurut Tafsir
Al-Mishbah. Skripsi. Jurusan Pedidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah.
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Pembimbing: Zulfi Mubaraq, M.Ag
Kata Kunci: Pendidikan Agama
dalam al-Qur'an, Pendidikan Agama Menurut Tafsir Al-Mishbah
Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan
manusia. Pendidikan merupakan rangkaian kegiatan menuju “pendewasan”
guna menuju kehidupan yang lebih berarti. Pengembangan SDM atau human
resources development terutama terfokus pada ketrampilan sikap dan
kemampuan produktif manusia sebagai sumber untuk dimanfaatkan. Idealnya
pendidikan itu dapat mengembangkan dan mewujudkan manusia (Human Caapati
Development). Artinya tugas pendidikan adalah untuk membuka kemampuan yang
dimiliki seseorang seoptimal mungkin melalui sharing of information untuk
menjadi yang bukan saja pintar, tetapi juga kreatif, inovatif, kritis, dan
memiliki ketahanan mental hidup yang kuat. Sedangakan pendidikan agama
adalah usaha yang berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik supaya kelak
dapat memahami dan mengamalkan
ajaran-ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai way of live.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merumuskan sebagai
berkut: (a) bagimana konsep pendidikan agama dalam Al-Qur'an, (b) bagaimana
pandangan pendidikan agama perspektif Tafsir Al-Misbah surat Lukman ayat
12-19,(c) metode apa saja yang terdapat dalam pendidikan agama perspektif
Tafsir Al-Mishbah surat Lukman ayat 12-19. Adapun tujuan penulisan yang ingin
dicapai berdasarkan pada rumusan masalah diatas adalah: (a) untuk mengetahui
konsep pendidikan agama dalam Al-Qur;an, (b) untuk mengetahui pandangan
pendidikan agama perspektif Tafsir Al-Misbah surat Lukman ayat 12-19. (c) untuk
mengetahui Metode apa saja yang terdapat dalam pendidikan agama perspektif
Tafsir Al-Mishbah surat Lukman ayat 12-19
Dalam penulisan ini penulis mengunakan metode menggunakan
beberapa metode yang relevan dengan tema kajian diatas, antara lain: (a) metode
deduksi, (b) metode induksi, (c) metode komparasi, (d) metode diskriptif, dan (e) Metode tafsir
tematik (Tafsir Maudhu'i). Dalam
menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan berkaitannya dengan
pembahasan skripsi ini dan mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena
yang ada, maka penulis menggunakan
pendekatan study pustaka, yaitu suatu pendekatan dengan menghimpun informasi
bacaan dari buku skripsi, thesis, desertasi, dan lain sebagainya (Furqon, 1982:
98). Data yang diperlukan dalam
penulisan skripsi ini adalah data kualitatif yang sifatnya tekstual dan
kontekstual, yaitu berupa statement-statement atau pernyataan yang terdapat dalam Al-Qur’an yang ada relevansinya dengan tema bacaan yang dikaji.
Sesuai dengan sifat, jenis, metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini
penulis mengunakan sumber utama Al-Qur’an dan tafsir Al-Mishbah sebagai sumber
utama dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Sesuai
dengan metode yang dipakai penulis dalam penulisan skripsi ini menggunakan
tekhnik pengumpulan data, kajian pustaka, yaitu tekhnik dokumentasi dengan cara
menggali informasi dari buku, makalah, majalah, skripsi, thesis, serta
lain-lain yang memiliki relevansi dengan tema kajian. Sesuai dengan sifat jenis data yang diperoleh, maka tekhnik
analisa data yang dipergunakan adalah content analiysis, yaitu yaitu suatu
teknik analisa data yang diharapkan mengkaji isi suatu objek kajian. Dalam hal
ini, Sujono dan Abdurrahman mengutip teorinya Holsti mengatakan bahwa: content
analysis adalah teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan
melalui usaha-usaha, menemukan karakteristik pesan, dan dilakukan secara
obyektif dan sistematis (Sujono, Abdurrahman, 1998.hal:14-15).
Dari pembahasan pada bab-bab sebelumnya tentang surah
Luqman ayat 12-19 dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikannya adalah materi
pendidikannya adalah (a) ketauhidan (b) akhlak (c) sholat (d) amar ma'ruf nahi
mungkar (e) ketabahan dan kesabaran. Proses pendidikan dan pembelajarannya selain
terdapat materi yang representative dengan nilai-nilai ajaran Islam, juga ada
semacam affection element yang menjadi salah satu faktor pada
keberhasilan dalam pendidikan dan pembelajaran. Dengan demikian secara umum
dari surah Luqman tersebut terdapat asas-asas metode pendidikan Islam yaitu:
(a) asas agama (b) asas biologis (c) asas psikologis (d) asas social. Pendidik
hendaknya memiliki ciri dan sifat yang akan menyatu dalam seluruh totalitas
kepribadiannya. Dalam hal ini
karakteristik pendidik muslim adalah (a) mempunyai watak dan sifat rubbaniyah
(b) bersifat Ikhlas (c) bersifat sabar
(d) jujur (e) senantiasa membekali dengan ilmu (f) mampu menggunakan metode
mengajar (g) mampu mengelola kelas dan peserta didik (h) Mengetahui kehidupan
psikis peserta didik (i) tanggap (j) berlaku adil. Dalam menyampaikan
pelajarannya menggunakan cara-cara: dengan menyentuh hatinya, tidak mudah putus asa, didasarkan
pada kasih sayang, menjelaskan disertai argumen yang rasional, lemah lembut,
sabar, teguh, dan tekun.
Untuk itu bagi guru-guru yang betul-betul memiliki rasa
tanggungjawab sekaligus sebagai penanggungjawab harus memiliki kebijaksnaan
dalam arti tidak hanya aspek kognitif saja yang dipentingkan pada diri anak di
sekolah, dan bukan hanya aspek psikomotor saja, tetapi juga aspek afektif yang
sangat penting dan aspek afektif ini sangat sulit. Dan bila aspek afektif ini
sudah mendarah daging dan membudaya dalam diri kehidupan anak-anak, maka dalam
penguasaan aspek kognitif dan psikomotor akan diwarnai oleh aspek afektif, yang
setiap saat guru harus memperingatkannya.
Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan wahana yang
konstruktif dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidkan agama Islam ke
depan, baik secara teoritis maupun praktis. Selain itu hasil penelitian ini
belum bisa dikatakan final dan masih jauh mencapai kesempurnaan, maka dari itu
penulis berharap terdapat peneliti lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil
penelitian ini.
Diatas hanyalah
abstrak untuk data skripsi lengkapnya anda bisa menghubungi e-mail
kami(alkhos.hasan77@@gmail.com) gratis nanti kami akan kirim ke emailmu sekian
terimakasih
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer