ABSTRAK
2012 Persepsi Siswa Siswi terhadap Guru
Pendidikan Agama Islam yang Ideal di SMPN
04 Batu, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Dosen Pembimbing
: Drs. H. Muchlis Usman. M, Ag
Kata Kunci :
Persepsi, guru Pendidikan Agama Islam, Ideal
Guru
merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Untuk itu setiap
adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan
dari upaya pendidikan harus bermuara pada guru. Citra guru berkembang sesuai
dengan perkembangan kehidupan manusia terhadap dunia pendidikan. Hal ini
menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan. Penilaian siswa menjadikan guru orang yang
lebih mempunyai peranan dan tanggung jawab dan dengan adanya persepsi siswa
terhadap guru pendidikan agama Islam membawa konsekuensi terhadap guru untuk
meningkatkan kualitas dan kompetensinya karena proses belajar mengajar dan
keberhasilan siswa sebagian besar ditentukan oleh guru sehingga guru dapat
melaksanakan peran dan tanggung jawabnya secara professional.
Berdasarkan
dari permasalahan tersebut diatas maka penulis mencoba mengkaji tentang
“Persepsi Siswa Siswi terhadap Guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal di SMPN
04 Batu” yang meliputi bagaimana guru Pendidikan Agama Islam yang ideal dan
persepsi siswa siswi terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal. Adapun
tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui guru
Pendidikan Agama Islam yang ideal dan persepsi siswa-siswi terhadap guru
Pendidikan Agama Islam yang ideal.
Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan
kuantitatif. Hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMPN 04 Batu yang berjumlah
160 siswa dan sampelnya penulis tentukan 100 siswa yaitu 60% dari keseluruhan
populasi. Pengambilan sample 60% (100 siswa) adalah dengan menggunakan tehnik
sample random secara acak dan tehnik sample purposive digunakan untuk kepala
sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam SMPN 04 Batu.
Metode
yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, metode interview,
metode dokumentasi, dan metode angket. Dan yang dipakai untuk menganalisis dari
angket adalah dengan menggunakan tehnik presentase dengan rumus:
P =X 100 %
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka
peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar
pendidikan agama Islam diperlukan guru pendidikan agama Islam yang ideal
menurut pengamatan siswa dan siswa sendiri sebagai salah satu unsur pokok yang
paling berkepentingan didalam interaksi pendidikan. Persepsi siswa siswi
terhadap guru Pendidikan agama Islam sangat mendukung dan membantu untuk
menjadikan kualitas dan mutu guru pendidikan agama Islam lebih berkompeten.
Persepsi
siswa siswi itu bukan hanya berguna bagi pribadi guru tetapi juga dapat menjadi
petunjuk bagi kekurangan-kekurangan guru. Dan guru pendidikan agama Islam yang
ideal secara khusus diperlukan sekali oleh siswa siswinya sebagai pedoman ke
depan dan sebagai motivasi untuk mengembangkan kompetensi yang telah dimiliki
oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia
dan pendidikan agama Islam dalam menghadapi era globalisasi.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer