RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan Ke- : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu :
2
× 35 menit
Standar Kompetensi
:
Memahami
ketentuan pengeluaran harta di luar
zakat
Kompetensi Dasar :
1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan sedekah,
hibah, dan hadiah
2. Mempraktikkan
memberi sedekah, hibah, dan hadiah
Indikator : 1. Dapat menjelaskan
pengertian
sedekah,
hibah,
dan
hadiah
2. Dapat
mempraktikkan pemberian sedekah,
hibah, dan hadiah
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan
ketentuan-ketentuan sedekah, hibah, dan hadiah.
II. Materi Pembelajaran
1. Ketentuan memberikan sedekah
2. Ketentuan memberikan hibah
3. Ketentuan memberikan hadiah
III. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
4. CTL
IV. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
. Kegiatan
Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi
pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
b. Siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan
ini.
c. Siswa dibagi menjadi
dua kelompok kecil untuk persiapan
diskusi
(pertemuan ke-2).
. Kegiatan
Inti
a. Guru menjelaskan tentang
pengertian, hukum, dan bentuk-bentuk
bersedekah disertai dalilnya
(pertemuan ke-1).
b. Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan mencatat hal-hal yang dirasa penting.
c. Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk mendiskusikan hukum hibah dan hadiah
(pertemuan ke-2).
d. Siswa membuat simpulan
diskusi untuk dibahas
bersama (pertemuan ke-2).
e. Guru memberi kesempatan tutor sebaya untuk membaca
dalil
tentang hibah (pertemuan
ke-2).
f. Guru memberikan tanggapan dan penilaian hasil diskusi yang dibuat oleh masing-masing kelompok diskusi.
. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya apabila masih ada hal-hal yang kurang
jelas.
b. Guru memberikan simpulan diskusi yang dilakukan siswa tentang hukum hibah dan hadiah.
V. Sumber Belajar
1. Buku Penerapan Fikih 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah terbitan
PT Tiga Serangkai, Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku
lain yang relevan
VI. Penilaian
. Teknik
Tes lisan
. Bentuk Instrumen
Uraian
. Instrumen
Jawablah
pertanyaan berikut ini secara
singkat dan tepat!
a. Jelaskan sedekah
yang paling sederhana
menurut hadis riwayatMuslim
dari Abu Zar!
b. Sebutkan tiga hal yang tidak terputus
pahalanya walaupun orangnya
sudah meninggal dunia!
c. Bolehkah
pemberian hibah diminta kembali oleh
pemberinya?
d. Kepada siapakah hibah diberikan? Kemukakan alasanmu!
e. Berikan sedekah kepada seseorang sesuai kemampuan
dan pengeta- huanmu
d. Berikan hadiah kepada seseorang
sesuai petunjuk yang tercantum
dalam materi pembelajaran!
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Fiqih
.......................... ........................................
Saran
kepala sekolah:
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan Ke- : 4 dan 5
Alokasi Waktu :
2×
35 menit
Standar Kompetensi : Memahami hukum Islam
tentang haji dan umrah
Kompetensi Dasar :
|
1.
|
Menjelaskan ketentuan
ibadah haji dan umrah
|
|
2.
|
Menjelaskan macam-macam haji
|
|
3.
|
Mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah
|
Indikator :
|
1.
|
Dapat menyebutkan ketentuan
ibadah haji dan umrah
|
|
2.
|
Dapat menyebutkan macam-macam haji
|
|
3.
|
Dapat mempraktikkan tata cara ibadah
haji dan umrah
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan ketentuan ibadah haji dan umrah.
2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam haji (cara pelaksanaan ibadah haji).
3. Siswa dapat mempraktikkan tata cara ibadah
haji dan umrah.
II. Materi Pembelajaran
1. Ketentuan ibadah haji dan umrah
2. Macam-macam
haji (ifrad, tamatuk, dan qiran)
3. Praktik
tata cara ibadah haji dan umrah
III. Metode Pembelajaran
1. Tanya
jawab
2. Diskusi
3. Ceramah
IV. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
. Kegiatan
Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi
pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
c. Siswa dibagi menjadi dua kelompok
untuk persiapan demonstrasi tentang tata cara pelaksanaan
ibadah haji dan umrah.
. Kegiatan
Inti
a. Guru menjelaskan tentang
ketentuan ibadah
haji dan umrah
serta macam-macam haji disertai dalil naqlinya.
b.
Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan mencatat hal-hal
yang dirasa penting
c. Untuk menghilangkan kejenuhan, guru menyampaikan
selingan tanya
jawab.
d. Siswa mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah yang diadakan
di halaman sekolah dipandu guru.
. Kegiatan
Penutup
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya apabila masih ada hal-hal yang kurang
jelas.
b. Guru memberikan simpulan atau tanggapan atas praktik ibadah
haji dan umrah yang dilakukan siswa.
V. Sumber Belajar
1. Buku Penerapan Fikih 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah terbitan
PT Tiga
Serangkai, Solo
2. LKS
PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku
lain yang relevan
VI. Penilaian
. Teknik
Tes
tertulis
. Bentuk Instrumen
Uraian
. Instrumen
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
a. Jelaskan
pengertian haji secara bahasa dan istilah!
b. Sebutkan secara lengkap rukun haji!
c. Umrah
dikatakan sebagai haji kecil. Mengapa
demikian?
d. Sebutkan tiga
syarat tawaf!
e. Sebutkan tiga
miqat makani ibadah haji dan umrah!
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Fiqih
.......................... ........................................
Saran
kepala sekolah:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan Ke- : 6 dan 7
Alokasi Waktu :
4
× 40 menit
Standar Kompetensi
:
Memahami
hukum Islam tentang makanan dan minuman
Kompetensi Dasar :
1. Menjelaskan jenis-jenis makanan dan
minuman halal
2. Menjelaskan manfaat mengonsumsi makanan dan
minuman halal
3. Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman haram
4. Menjelaskan
bahaya mengonsumsi makanan
dan minuman haram
5. Menjelaskan
jenis-jenis binatang yang halal dan haram
dimakan
Indikator : 1. Dapat menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman halal
2. Dapat menyebutkan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal
3. Dapat menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman haram
4.
Dapat menjelaskan bahaya mengonsumsi
makanan
dan minuman haram
5. Dapat menyebutkan jenis-jenis binatang
yang halal dan haram dimakan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
makanan dan minuman halal.
2. Siswa dapat menyebutkan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal.
II. Materi Pembelajaran
Pertemuan
Ke-6
1. Pengertian
halal (zatnya dan cara memperolehnya)
2. Jenis-jenis
makanan dan minuman halal
Pertemuan
Ke-7
Manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal
III. Metode
Pembelajaran
1. Tanya-jawab
2. Diskusi
3. Ceramah
Iv. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
. Kegiatan
pendahuluan (apersepsi)
Pertemuan
ke-6
A. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi
pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
B. Siswa dibagi menjadi dua kelompok
untuk persiapan diskusi mengenai
makanan dan minuman halal serta makanan dan minuman haram.
C. Siswa berpartisipasi
aktif dalam kegiatan ini.
Pertemuan
ke-7
A. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi
pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
B. Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan
ini.
. Kegiatan
inti
Pertemuan
ke-6
A. Guru menjelaskan tentang
pengertian halal (zatnya ataupun
cara memperolehnya) serta
jenis-jenis makanan dan minuman halal.
B. Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan mencatat hal-hal yang dirasa penting.
C. Untuk menghilangkan kejenuhan, guru menyampaikan
selingan tanya
jawab.
D. Siswa mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah yang diadakan
di halaman sekolah dipandu guru.
Pertemuan
ke-7
A. Siswa mendiskusikan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal.
B. Guru memberi
arahan kepada siswa dalam berdiskusi.
C. Siswa
berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
. Kegiatan
penutup
Pertemuan
ke-6
A. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya apabila masih ada hal-hal yang kurang
jelas.
b. Guru memberikan simpulan atau tanggapan atas praktik
ibadah haji dan umrah yang
dilakukan siswa
Pertemuan ke-7
A guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi
pembel- ajaran sebagai upaya
untuk mengetahui kemmpuan siswa dalam menyerap materi pembelajaran.
B. Siswa
berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
V. Sumber belajar
1. Buku penerapan fikih 2 untuk kelas viii madrasah tsanawiyah terbitan
Pt tiga serangkai, solo
2. Lks pai madrasah tsanawiyah
3. Buku lain yang
relevan
Vi. Penilaian
. Teknik
Tes tertulis
. Bentuk instrumen
Tes uraian
. Instrumen
Pertemuan
ke-6
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
A. Sebagian makanan dan minuman ada yang halal
zatnya. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
B. Di samping
halal zatnya, makanan dan minuman yang kita konsumsi
harus halal cara memperolehnya.
Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
C. Sebutkan tiga jenis makanan yang halal zatnya!
D. Jelaskan
cara memperoleh makanan atau minuman halal!
E. Bolehkah kita menentukan jenis makanan atau minuman tertentu sebagai makanan atau minuman halal? Berikan alasanmu!
Pertemuan
ke-7
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
A. Bagaimanakah suatu makanan atau minuman dinyatakan halal?
B. Bagaimanakah seharusnya sikap kita dengan
adanya jenis-jenis makanan dan minuman halal?
C. Adakah manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal? Sebutkan
sesuai ingatanmu!
D. Sebutkan lima jenis
binatang yang halal zatnya!
E. Bagaimana caranya agar kita memperoleh binatang yang halal?
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Fiqih
.......................... ........................................
Saran
kepala sekolah:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................