SELAMAT DATANG

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

M.HASAN

M.HASAN
ALLAH AKAN MENGANGKAT DRAJAT ORANG ORANG YANG BER ILMU

PPMU

PPMU
SEMOGA ALLAH MELIMPAHKAN RAHMAT PADA PENGASUH PMMU AMIIN

RPP

Kamis, 01 Desember 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran     :  Fikih
Kelas/Semester     :  VIII/2
Pertemuan Ke-     :  1, 2, dan 3
Alokasi Waktu     :  2 × 35 menit
Standar Kompetensi  :  Memahami ketentuan pengeluaran harta di luar zakat
Kompetensi Dasar        :  1.   Menjelaskan ketentuan-ketentuan sedekah, hibah, dan hadiah
2.   Mempraktikkan memberi sedekah, hibah, dan hadiah
Indikator              :  1 Dapat  menjelaskan  pengertian  sedekah,  hibah,  dan hadiah
2.   Dapat mempraktikkan pemberian sedekah, hibah, dan hadiah

I.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan ketentuan-ketentuan sedekah, hibah, dan hadiah.

II.  Materi Pembelajaran
1.    Ketentuan memberikan sedekah
2.    Ketentuan memberikan hibah
3.    Ketentuan memberikan hadiah

III. Metode Pembelajaran
1.    Demonstrasi
2.    Tanya jawab
3.    Diskusi
4.    CTL

IV.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 .    Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a.    Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
b.    Siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini.
c.    Siswa dibagi menjadi dua kelompok kecil untuk persiapan diskusi
(pertemuan ke-2).
 .    Kegiatan Inti
a.    Guru menjelaskan tentang pengertian, hukum, dan bentuk-bentuk bersedekah disertai dalilnya (pertemuan ke-1).
b.    Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan mencatat hal-hal yang dirasa penting.
c.    Guru  memberi  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mendiskusikan hukum hibah dan hadiah (pertemuan ke-2).
d.   Siswa membuat simpulan diskusi untuk dibahas bersama (pertemuan ke-2).
e.    Guru  memberi  kesempatan  tutor  sebaya  untuk  membaca  dalil tentang hibah (pertemuan
ke-2).
f.    Guru memberikan tanggapan dan penilaian hasil diskusi yang dibuat oleh masing-masing kelompok diskusi.
 .    Kegiatan Penutup
a.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila masih ada hal-hal yang kurang jelas.
b.    Guru memberikan simpulan diskusi yang dilakukan siswa tentang hukum hibah dan hadiah.

V.   Sumber Belajar
1.    Buku Penerapan Fikih 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah terbitan
PT Tiga Serangkai, Solo
2.    LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3.    Buku lain yang relevan


VI. Penilaian
 .    Teknik
Tes lisan
 .    Bentuk Instrumen
Uraian
 .    Instrumen
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
a.    Jelaskan sedekah yang paling sederhana menurut hadis riwayatMuslim dari Abu Zar!
b.    Sebutkan tiga hal yang tidak terputus pahalanya walaupun orangnya sudah meninggal dunia!
c.    Bolehkah pemberian hibah diminta kembali oleh pemberinya?
d.   Kepada siapakah hibah diberikan? Kemukakan alasanmu!
e.    Berikan sedekah kepada seseorang sesuai kemampuan dan pengeta- huanmu
d.   Berikan hadiah kepada seseorang sesuai petunjuk yang tercantum dalam materi pembelajaran!


              Mengetahui                     
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Fiqih


..........................                                                                      ........................................
Saran kepala sekolah:
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran      :  Fikih
Kelas/Semester     :  VIII/2
Pertemuan Ke-     :  4 dan 5
Alokasi Waktu      :  2× 35 menit
Standar Kompetensi  :  Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
Kompetensi Dasar      :
1.
Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah

2.
Menjelaskan macam-macam haji

3.
Mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah
Indikator              :
1.
Dapat menyebutkan ketentuan ibadah haji dan umrah

2.
Dapat menyebutkan macam-macam haji

3.
Dapat mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah
I.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menyebutkan ketentuan ibadah haji dan umrah.
2.    Siswa dapat menyebutkan macam-macam haji (cara pelaksanaan ibadah haji).
3.    Siswa dapat mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah.

II.  Materi Pembelajaran
1.    Ketentuan ibadah haji dan umrah
2.    Macam-macam haji (ifrad, tamatuk, dan qiran)
3.    Praktik tata cara ibadah haji dan umrah

III. Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Diskusi
3.    Ceramah

IV.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 .    Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a.    Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
c.    Siswa dibagi menjadi dua kelompok untuk persiapan demonstrasi tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
 .    Kegiatan Inti
a.    Guru menjelaskan tentang ketentuan ibadah haji dan umrah serta macam-macam haji disertai dalil naqlinya.
    b.  Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan mencatat hal-hal yang dirasa   penting
c.    Untuk  menghilangkan  kejenuhan,  guru  menyampaikan  selingan tanya jawab.
d.   Siswa mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah yang diadakan di halaman sekolah dipandu guru.
 .    Kegiatan Penutup
a.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila masih ada hal-hal yang kurang jelas.
b.    Guru memberikan simpulan atau tanggapan atas praktik ibadah haji dan umrah yang dilakukan siswa.
    V. Sumber Belajar
1.    Buku Penerapan Fikih 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah terbitan
PT Tiga Serangkai, Solo
2.    LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3.    Buku lain yang relevan
 VI. Penilaian
 .    Teknik
Tes tertulis
 .    Bentuk Instrumen
Uraian
 .    Instrumen
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
a.    Jelaskan pengertian haji secara bahasa dan istilah!
b.    Sebutkan secara lengkap rukun haji!
c.    Umrah dikatakan sebagai haji kecil. Mengapa demikian?
d.   Sebutkan tiga syarat tawaf!
e.    Sebutkan tiga miqat makani ibadah haji dan umrah!
             Mengetahui                     
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Fiqih

..........................                                                                      ........................................
Saran kepala sekolah:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran     :  Fikih
Kelas/Semester     :  VIII/2
Pertemuan Ke-     :  6 dan 7
Alokasi Waktu     :  4 × 40 menit
Standar Kompetensi  :  Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman
Kompetensi Dasar     :  1.   Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman halal
2.   Menjelaskan  manfaat  mengonsumsi  makanan  dan minuman halal
3.  Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman haram
4.  Menjelaskan   bahaya   mengonsumsi   makanan   dan minuman haram
5.  Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan
Indikator              :  1.  Dapat menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman halal
2. Dapat menyebutkan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal
3.  Dapat menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman haram
4.  Dapat  menjelaskan  bahaya  mengonsumsi  makanan dan minuman haram
5. Dapat menyebutkan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan
I.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman halal.
2.    Siswa dapat menyebutkan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal.

II.  Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-6
1.    Pengertian halal (zatnya dan cara memperolehnya)
2.    Jenis-jenis makanan dan minuman halal
Pertemuan Ke-7
Manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal

          III. Metode Pembelajaran
1.    Tanya-jawab
2.    Diskusi
3.    Ceramah

Iv.  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
 .    Kegiatan pendahuluan (apersepsi)
Pertemuan ke-6
A.   Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
B.   Siswa dibagi menjadi dua kelompok untuk persiapan diskusi mengenai makanan dan minuman halal serta makanan dan minuman haram.
C.   Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
Pertemuan ke-7
A.   Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembel- ajaran yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa.
B.   Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
 .    Kegiatan inti
Pertemuan ke-6
A.   Guru menjelaskan tentang pengertian halal (zatnya ataupun cara memperolehnya) serta jenis-jenis makanan dan minuman halal.
B.   Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan mencatat hal-hal yang dirasa penting.
C.   Untuk  menghilangkan  kejenuhan,  guru  menyampaikan  selingan tanya jawab.
D.   Siswa mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah yang diadakan di halaman sekolah dipandu guru.
Pertemuan ke-7
A.   Siswa mendiskusikan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal.
B.   Guru memberi arahan kepada siswa dalam berdiskusi.
C.  Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
 .    Kegiatan penutup
Pertemuan ke-6
A.   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila masih ada hal-hal yang kurang jelas.
   b. Guru memberikan simpulan atau tanggapan atas praktik ibadah haji dan umrah yang dilakukan siswa
Pertemuan ke-7
A    guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembel- ajaran sebagai upaya untuk mengetahui kemmpuan siswa dalam menyerap materi pembelajaran.
B.   Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

V.   Sumber belajar
1.    Buku penerapan fikih 2 untuk kelas viii madrasah tsanawiyah terbitan
Pt tiga serangkai, solo
2.    Lks pai madrasah tsanawiyah
3.    Buku lain yang relevan

Vi. Penilaian
 .    Teknik
Tes tertulis
 .    Bentuk instrumen
Tes uraian
 .    Instrumen
Pertemuan ke-6
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
A.   Sebagian makanan dan minuman ada yang halal zatnya. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
B.   Di samping halal zatnya, makanan dan minuman yang kita konsumsi harus halal cara memperolehnya. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
C.   Sebutkan tiga jenis makanan yang halal zatnya!
D.   Jelaskan cara memperoleh makanan atau minuman halal!
E.   Bolehkah kita menentukan jenis makanan atau minuman tertentu sebagai makanan atau minuman halal? Berikan alasanmu!
Pertemuan ke-7
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
A.   Bagaimanakah suatu makanan atau minuman dinyatakan halal?
B.   Bagaimanakah  seharusnya  sikap  kita  dengan  adanya  jenis-jenis makanan dan minuman halal?
C.   Adakah manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal? Sebutkan sesuai ingatanmu!
D.   Sebutkan lima jenis binatang yang halal zatnya!
E.   Bagaimana caranya agar kita memperoleh binatang yang halal?




Mengetahui                     
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Fiqih

..........................                                                                      ........................................
Saran kepala sekolah:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer