SELAMAT DATANG

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

M.HASAN

M.HASAN
ALLAH AKAN MENGANGKAT DRAJAT ORANG ORANG YANG BER ILMU

PPMU

PPMU
SEMOGA ALLAH MELIMPAHKAN RAHMAT PADA PENGASUH PMMU AMIIN

Daya Serap Siswa terhadap Pencapaian Tujuan Taksonomi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sabtu, 10 Desember 2011


ABSTRAK

Daya Serap Siswa terhadap Pencapaian Tujuan Taksonomi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Karangbinangun, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Hj.Rahmawati Baharuddin, M.A
           
Pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani setiap siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap daya serap siswa dalam memperoleh materi atau menyerap materi pendidikan agama Islam. Dalam konteks taksonomi pembelajaran hal ini juga berpengaruh.
Dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam mencapai tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun (2) Bagaimanakah daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam mencapai tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam SMPN 2 Karangbinangun.
                 Adapun tujuan yang hendak dicapai dari permasalahan adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam mencapai tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun (2) Untuk memahami daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun.
                 Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif sedangkan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: metode dokumentasi, interview, observasi dengan jumlah sample 25 siswa dari populasi 107 populasi yang ada. Adapun sampel tersebut diperoleh melalui teknik “random sampling”. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket dan tes formatif, Mengenai dua variabel yang sedang diteliti maka dilakukan perhitungan untuk memperoleh angka indeks korelasi yang menunjukkan ada tidaknya hubungan antara daya serap terhadap pencapaian taksonomi. Sesuai dengan jenis datanya maka tehnik yang tepat untuk menganalisis data adalah tehnik product moment.
                         

Dari hasil penelitian ini, pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMPN 02 Karangbinangun adalah (1) Mengadakan pengajian pada hari-hari besar Islam (PHBI), (2)  Mengadakan les baca tulis al-Qur’an, (3) Mewajibkan sholat Dzuhur berjama’ah (4) Mengadakan pondok Romadhon 1 tahun sekali (5) Mengadakan infaq 1 minggu sekali pada hari Jum’at. Dalam hasil penelitian bahwasanya hubungan antara daya serap siswa dengan taksonomi pembelajaran adanya hubungan yang sangat kuat. Karena rxy lebih besar dari pada r table, baik pada taraf signifikansi 5 %  dan 1 %. Dengan ini maka hipotesa nol ditolak, yang berarti terdapat korelasi yang positif. Dan kesimpulan yang dapat ditarik ialah hubungan tinggi rendahnya tujuan taksonomi pembelajaran dipengaruhui oleh tinggi rendahnya daya serap siswa. Adapun faktor pendukung daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran PAI di SMPN 2 Karangbinangun yakni (1) Kecerdasan, (2) Lingkungan yang islami, (3) Guru yang profisional, (4) Dukungan pemerintah setempat (5) Sumber guru, staf pengajar yang energik, (6) Letak Geografis. Dan faktor penghambat daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Karangbinangun yakni: (1) Pendidikan orang tua rendah, (2) Biaya yang cukup tinggi, (3) Banyaknya wali murid yang tidak bisa mengawasi anaknya, (4) Sarana prasarana yang terbatas, (5) Siswa yang tidak percaya diri.
Saran yang dianjurkan pada daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam  (1)Untuk meningkatkan daya serap siswa terhadap pencapaian tujuan taksonomi pembelajaran pendidikan agama Islam, maka dari itu kepada lembaga sekolah, perlu adanya pengembangan sistem belajar yang berorientas pada kepentingan murid (2)Untuk para guru pendidikan agama Islam lebih meningkatkan dan lebih memantapkan motivasi kepada siswanya bagi daya serapnya dan taksonomi pembelajaran mencapai kategori baik tetap di pertahankan, dan untuk kepada siswa yang daya serap dan taksonomi pembelajaran yang tergolong kurang baik, tidak baik. Tugas guru pendidikan agama Islam lebih meningkatkan dan lebih memantapkan motivasi kepada para siswanya agar lebih tekun belajar pendidikan agama Islam dengan cara metode yang dipandang lebih sesuai serta mudah difahami oleh siswa   



Kata kunci: Daya serap, Taksonomi Pembelajaran


Diatas hanyalah abstrak untuk data skripsi lengkapnya anda bisa menghubungi e-mail kami(alkhos.hasan77@@gmail.com) gratis nanti kami akan kirim ke emailnyajenengan






Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer