SELAMAT DATANG

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

M.HASAN

M.HASAN
ALLAH AKAN MENGANGKAT DRAJAT ORANG ORANG YANG BER ILMU

PPMU

PPMU
SEMOGA ALLAH MELIMPAHKAN RAHMAT PADA PENGASUH PMMU AMIIN

Skripsi Persepsi Siswa Siswi terhadap Guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal

Sabtu, 10 Desember 2011



ABSTRAK


2012 Persepsi Siswa Siswi terhadap Guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal di SMPN 04 Batu, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Dosen Pembimbing : Drs. H. Muchlis Usman. M, Ag

Kata Kunci : Persepsi, guru Pendidikan Agama Islam, Ideal


Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Untuk itu setiap adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan harus bermuara pada guru. Citra guru berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia terhadap dunia pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan.  Penilaian siswa menjadikan guru orang yang lebih mempunyai peranan dan tanggung jawab dan dengan adanya persepsi siswa terhadap guru pendidikan agama Islam membawa konsekuensi terhadap guru untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya karena proses belajar mengajar dan keberhasilan siswa sebagian besar ditentukan oleh guru sehingga guru dapat melaksanakan peran dan tanggung jawabnya secara professional.
Berdasarkan dari permasalahan tersebut diatas maka penulis mencoba mengkaji tentang “Persepsi Siswa Siswi terhadap Guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal di SMPN 04 Batu” yang meliputi bagaimana guru Pendidikan Agama Islam yang ideal dan persepsi siswa siswi terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui guru Pendidikan Agama Islam yang ideal dan persepsi siswa-siswi terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang ideal.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMPN 04 Batu yang berjumlah 160 siswa dan sampelnya penulis tentukan 100 siswa yaitu 60% dari keseluruhan populasi. Pengambilan sample 60% (100 siswa) adalah dengan menggunakan tehnik sample random secara acak dan tehnik sample purposive digunakan untuk kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam SMPN 04 Batu.
Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, metode interview, metode dokumentasi, dan metode angket. Dan yang dipakai untuk menganalisis dari angket adalah dengan menggunakan tehnik presentase dengan rumus:
 
P =X 100 %
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan agama Islam diperlukan guru pendidikan agama Islam yang ideal menurut pengamatan siswa dan siswa sendiri sebagai salah satu unsur pokok yang paling berkepentingan didalam interaksi pendidikan. Persepsi siswa siswi terhadap guru Pendidikan agama Islam sangat mendukung dan membantu untuk menjadikan kualitas dan mutu guru pendidikan agama Islam lebih berkompeten.
Persepsi siswa siswi itu bukan hanya berguna bagi pribadi guru tetapi juga dapat menjadi petunjuk bagi kekurangan-kekurangan guru. Dan guru pendidikan agama Islam yang ideal secara khusus diperlukan sekali oleh siswa siswinya sebagai pedoman ke depan dan sebagai motivasi untuk mengembangkan kompetensi yang telah dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan pendidikan agama Islam dalam menghadapi era globalisasi.      


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer